Buy template blogger

Mengenal 13 Jenis Keladi Hias, Pesaing Aglonema

 Keladi hias terdiri dari beragam bentuk, warna, dan corak daun yang sangat indah. Belakangan ini, keladi hias makin popular dan banyak disukai oleh pencinta tanaman. Maka tak heran kalau jenis tanaman ini kelak bisa menyaingi kepopuleran aglonema. Berikut 13 jenis keladi hias popular dan cara merawatnya.

Keladi memiliki nama ilmiah Caladium, tanaman ini banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis. Salah satu yang menonjol dari tanaman keladi ini adalah bentuk daunnya yang lebar dan berbentuk seperti hati, atau mengerucut seperti anak panah dengan beragam corak dan warnanya.

Selain itu, tanaman keladi juga memiliki warna yang bercampur. Daunnya tidak hanya berwarna hijau saja, tetapi juga ada yang berwarna merah, ungu, hingga putih. Dengan gradasi warna yang cantik tersebut, tak heran kalau jenis tanaman ini kemudian banyak dicari untuk mempercantik halaman maupun ruangan.

Ada beberapa jenis keladi hias populer yang kini sedang naik daun, yaitu:

1. Keladi Putih

[caption id="attachment_76" align="alignnone" width="700"]Tanaman hias keladi putih Tanaman hias keladi putih[/caption]

Keladi putih memiliki daun berwarna putih terang, dengan motif daun bercabang hingga ke pinggiran daunnya. Keladi putih tidak bisa disimpan di tempat yang langsung terpapar cahaya matahari karena dapat membuat daunnya terbakar.

2. Keladi Baret

[caption id="attachment_73" align="alignnone" width="700"]Tanaman hias keladi baret Tanaman hias keladi baret[/caption]

Corak dan warna daun keladi baret sangat unik dan menarik. Pada bagian daunnya terdapt dua kombinasi warna merah dan hijau, ditambah titik-titik berwarna putih yang membuat jenis keladi ini jadi terlihat cantik.

3. Keladi Tricolor

[caption id="attachment_72" align="alignnone" width="700"]Tanaman hias keladi tricolor Tanaman hias keladi tricolor[/caption]

Keladi tricolor memiliki corak yang berbeda dari jenis keladi pada umumnya. Terdapat corak bintik-bintik berwarna pink dan putih yang menyebar di bagian daunnya. Jenis keladi ini dapat tumbuh di tempat yang penuh cahaya tapi tidak bisa menerima sinar matahari secara langsung.

4. Keladi Whorton

[caption id="attachment_84" align="alignnone" width="700"]Tanaman hias keladi whorton Tanaman hias keladi whorton[/caption]

Keladi Whorton memiliki corak warna daun berwarna pink muda dengan garis yang bercabang berwarna pink tua, dan berbintik putih. Jenis tanaman ini bisa diletakkan di bawah sinar matahari secara langsung.

5. Keladi Red Flash

[caption id="attachment_79" align="alignnone" width="700"]tanaman hias keladi red lsh Tanaman hias keladi red flash[/caption]

Daun keladi red flash memiliki corak daun berwarna merah berbintik putih yang menyebar di tengah daun. Pinggiran daunnya berwarna hijau yang menjadi ciri khas tanaman keladi.

6. Keladi Red Bone

[caption id="attachment_77" align="alignnone" width="700"]tanaman hias keladi red bone Tanaman hias keladi red bone[/caption]

Ada tida warna pada bagian daunnya yang membuat penampilannya jadi terlihat lebih cantik. Daun berwarna pink tua bergaris yang seperti tulang, dikelilingi paduan warna pink muda, dan terdapat bintik-bintik di sekitarnya. Pinggiran daun berwarna hijau. Jenis tanaman ini juga bisa bertahan selama 4-6 jam di bawah cahaya matahari.

7. Keladi Tikus

[caption id="attachment_82" align="alignnone" width="700"]tanaman hias keladi tikus Tanaman hias keladi tikus[/caption]

Keladi tikus merupakan jenis keladi yang cukup dikenal karena fungsinya yang banyak manfaatnya. Selain sebagai tanaman hias, keladi tikus dikenal sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

8. Keladi Wayang

[caption id="attachment_83" align="alignnone" width="700"]tanaman hias keladi wayang Tanaman hias keladi wayang[/caption]

Corak daunnya mirip seperti perlengkapan yang digunakan dalam wayang yang membuat penampilannya jadi terlihat menarik. Tulang daun berwarna hijau, berpola seperti wayang dengan warna dasar merah.

9. Keladi Sexy Pink

[caption id="attachment_80" align="alignnone" width="700"]tanaman hias keladi sexy pink Tanaman hias keladi sexy pink[/caption]

Daun tanaman ini didominasi oleh warna merah muda dengan corak bercak sedikit merah muda gelap yang membuatnya indah dipandang. Daunnya lebar dan berbentuk seperti hati.

10. Keladi Infinity

[caption id="attachment_74" align="alignnone" width="700"]tanaman hias keladi infinity Tanaman hias keladi infinity[/caption]

Daun berwarna merah mencolok cantik dikombinaskan dengan tulang daun yang berwarna hijau kecoklatan gelap memberikan kesan menyala pada jenis tanaman keladi hias ini.

11. Keladi Susu

[caption id="attachment_81" align="alignnone" width="700"]tanaman hias keladi susu tanaman hias keladi susu[/caption]

Daun yang bergelombang unik didominasi warna putih dengan kombinasi hijau menjadikan tanaman keladi susu banyak dicari untuk menghiasi ruangan.

12. Keladi Red Kujang

[caption id="attachment_78" align="alignnone" width="700"]tanaman hias keladi red kujang tanaman hias keladi red kujang[/caption]

Disebut red kujang karena bentuk daunnya yang menyerupai senjata khas Jawa Barat. Daunya berwarna jernih dengan corak yang tidak biasa. Keunikan lain adalah pinggiran daunnya yang bergelombang dengan tulng daun yang kontras menambah kesan eksotis. Tak heran kalau jenis keladi ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

13. Keladi Kuping Keledai

[caption id="attachment_75" align="alignnone" width="700"]tanaman hias keladi kuping keledai tanaman hias keladi kuping keledai[/caption]

Keladi kuping keledai memiliki bentuk daun yang mirip telinga keledai yaitu berbentuk segitig memanjang dengan pangkal daun membentuk hurug V. Ujung daun berbentuk runcing dengan tepian daun yang berlekuk.

Cara Merawat Tanaman Keladi Hias

Keladi dapat hidup di bawah cahaya, tapi tidak bisa terkena cahaya matahari secara langsung karena akan menghambat pertumbuhan dan membuat daunnya terbakar. Tanaman cantik ini rupanya lebih suka jika disimpan di tempat yang teduh, seperti di teras atau di bawah pepohonan berdaun rindang.

Media tanam yang digunakan dalam perawatan keladi hias ini adalah campuran tanah, sekam bakar, kompos, cocopeat, dan pupuk kandang. Penyiraman dilakukan setiap hari dengan cara dikocorkan langsung pada media tanam.

Itulah 13 jenis keladi hias populer dan cara merawatnya.

Semoga bermanfaat

 

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel